Tengok Foto Selfie Orang Zaman Dulu di Museum of Selfie

Sebelum kamera ditemukan, orang-orang pada zaman dulu mengabadikan diri mereka lewat lukisan. Raja dan ratu, serta para bangsawan rela membayar untuk menyimpan bayangan diri mereka ke dalam kanvas dengan cat minyak, bahkan ada yang rela mengantri pada seorang pelukis kenamaan untuk melakukannya.
Lukisan bisa dibilang sebagai satu-satunya cara orang zaman dulu untuk berselfie alias berfoto narsis. Tapi apa jadinya ya kalau tokoh-tokoh dalam lukisan zaman dulu yang terlihat jadul itu melakukan selfie dengan kamera ponsel terbaru?

Seorang art director asal Denmark, Olivia Muus, membuat karya unik, yaitu mengolah gambar lukisan orang-orang di masa lalu seolah tampil kekinian dengan berselfie. Dalam karyanya Olivia membuat orang zaman dulu berpose di depan ponsel keluaran teranyar.

Muus pertama kali mengawali ide kreatifnya itu saat dirinya mengunjungi National Gallery of Denmark yang terletak di Copenhagen, Denmark.
Dari rangkaian foto yang ia kumpulkan di museum tersebut, Muus membuat sebuah proyek yang diberi nama Museum of Selfies. Adapun obyek lukisan yang menjadi sasaran Muus untuk proyeknya adalah lukisan tokoh-tokoh terkenal seperti Benjamin Franklin hingga lukisan dari abad 14 di Eropa.

Karya yang dihasilkan Muus benar-benar kreatif, unik, dan mengusung ide baru dalam karya sastra, saat melihat hasil gambarnya kita akan tertawa atau paling tidak tersenyum simpul saat membayangkan orang yang hidup berabad lalu seperti Franklin berfoto narsis.

Lucu ya, melihat tokoh-tokoh sejarah itu memegang ponsel dengan mata yang melihat ke layarnya. Berpose lalu ‘klik’ dan jadilah foto selfie, seperti yang sering kita lakukan sendiri. Ternyata orang jadul pun bisa narsis juga.(ns)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar