Cara Tepat Untuk Mengatasi "Morning Sick" Masa Kehamilan





Pimbie.com – Saat trimester awal, mual sering terjadi di pagi hari. Padahal di usia kehamilan ini ibu sangat perlu nutrisi untuk perkembangan otak dan tubuh janin. 


Walaupun merasa mual, Anda tetap harus mengonsumsi makanan bergizi. Lebih dari 50 persen dari wanita hamil sering alami morning sickness. Berikut ini bebeberapa cara mudah untuk mengurangi rasa mual di pagi hari.



1. Makan porsi kecil.



Mengonsumsi porsi besar bisa menyebabkan mual serta begah. Untuk mengurangi rasa mual, Anda dapat mengonsumsi 3-4 kali porsi makanan kecil. 



Kebiasaan makan dengan cara ini dapat mengurangi keasaman pada lambung dan kurangi rasa mual. Sehingga saat bangun tidur, sebaiknya konsumsi biskuit atau crackers untuk mengisi perut.



2. Konsumsi buah segar.



Buah seperti apel, anggur, pisang dan semangka bisa membantu tambahkan nutrisi harian Anda. Tak hanya mengandung air, buah segar juga memiliki efek pendingin karena panas tubuh dapat memperburuk morning sickness. 



Buah segar bisa dikonsumsi dalam bentuk potongan, salad ataupun smoothies. Serat yang terkandung dalam buah juga sangat baik untuk ibu hamil agar terhindar dari sembelit.



3. Air jeruk.



Jeruk dan lemon bisa membantu kurangi mual. Cara mengonsumsinya bisa dengan menambahkan perasan air lemon dalam teh hangat atau dibuat dengan cara infused water.



4. Konsumsi protein dan makanan bergizi.



Di usia ini pertumbuhan organ dan otak mulai dibentuk. Karena itu pilihlah makanan yang bergizi dan kaya protein seperti kedelai, brokoli, jamur, telur dan juga ayam. 



5. Peppermint.



Memiliki aroma yang khas peppermint bisa dikonsumsi dalam bentuk teh untuk redakan mual. Selain itu, minyak peppermint juga bisa dihirup untuk redakan rasa mual. 



Source. detikcom



Source link



Tidak ada komentar:

Posting Komentar