Tahukah Anda, Ayam Bisa Menetas di Luar Cangkang Telur?

Tahukah Anda, Ayam Bisa Menetas di Luar Cangkang? (Foto: YouTube)
Sebuah video yang menunjukkan percobaan ilmiah siswi-siswi SMA di Jepang telah mendapat perhatian besar di internet. Video yang telah dilihat lebih dari 50 juta kali tersebut menunjukkan bahwa rupanya ayam bisa menetas di luar cangkang telur. Lalu, bagaimana caranya?
Awalnya, banyak orang mempertanyakan kebenaran dari percobaan tersebut. Namun menurut profesor di Mississippi State University, E David Peebles, percobaan tersebut bukanlah yang pertama dilakukan. Peebles juga menyebutkan bahwa proses seperti ini sangat sulit dan jarang terjadi.
Tanpa cangkang dalam proses penetasan, peneliti mungkin dapat langsung mengamati perkembangan embrio sehingga pengamat bisa menempatkannya di bawah mikroskop, atau melakukan fotografi time-lapse untuk mengamati proses perkembangan. Dan, setiap orang dapat lebih mudah mengambil DNA atau sampel protein.
Sebuah artikel yang di-posting di link Snopes.com ke Paper Journal of Poultry Science juga menggambarkan bagaimana metode menumbuhkan ayam tanpa cangkang dari embrio dapat membawa penelitian dalam bidang ayam transgenik, manipulasi embrio, teknik jaringan, dan studi dasar dalam pengobatan regeneratif. Namun, menetaskan ayam tanpa cangkang telur bukan perkara gampang.
"Apa yang mereka lakukan di lingkungan buatan adalah menyediakan lapisan pelindung yang semi-permeabel sehingga air dapat hilang dan gas bisa ditukar," kata Peebles.
Cangkang menyediakan mineral termasuk kalsium, magnesium, dan mangan untuk perkembang anak ayam. Ilmuwan harus menemukan cara untuk melengkapi mereka di luar cangkang. Cangkang juga memberikan perlindungan dari infeksi bakteri, sehingga mereka akan membutuhkan sanitasi, lingkungan aseptik di laboratorium dalam bahan yang digunakan untuk rumah telur tanpa cangkang.
Bahan ini juga perlu berpori. Kulit telur alami memiliki pori-pori di seluruh bagian mereka yang memungkinkan oksigen untuk masuk dan karbon dioksida untuk keluar. Kemudian ketika embrio berkembang, ia mencerna lemak dari kuning telur dan menghasilkan air, sehingga telur kehilangan sekitar 12 persen sampai 15 persen berat awal dalam air.
Para peneliti juga harus menjaga hangat telur tanpa cangkang. Hal ini bisa dilakukan dengan inkubator, seperti yang ditunjukkan dalam video.
Sumber:http://techno.okezone.com/read/2016/06/09/56/1410812/tahukah-anda-ayam-bisa-menetas-di-luar-cangkang-telur



Tidak ada komentar:

Posting Komentar